Tips Persiapan UTBK di Rumah, Kuncinya bukan Waktu

Tips Persiapan UTBK di Rumah, Kuncinya bukan Waktu

VIVA   – Saat pandemi COVID-19 mulai berakhir, maka masyarakat akan menjalani kehidupan normal yang baru. Semua akan berubah, mulai dari cara kita berbelanja, hingga bekerja.

Bahkan, cara belajar juga bisa saja tidak sama seperti dahulu lagi. Aktivitas sekolah atau kampus akan dikurangi, agar rantai penyebaran virus benar-benar putus.

Baca juga:   Hp Baru Samsung Harganya Cuma Rp1 Jutaan, Baterai 5000 mAh

Sebentar lagi, para pelajar akan melaksanakan tes masuk ke perguruan tinggi dengan cara Ujian tertulis Berbasis Komputer atau UTBK. Hal itu tentu menjadi beban bagi beberapa siswa, terutama yang terbiasa memiliki pelajaran ekstra dari guru les.

Namun, semua hendak berjalan seperti yang diinginkan, asalkan menerapkan sistem belajar di sendi yang efektif. Dikutip dari Theguardian , Selasa 26 Mei 2020, ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat membiasakan di rumah, agar siswa bisa siap menghadapi ujian tertulis.

Pertama, pastikan bahwa orientasinya bukan soal waktu, namun lebih ke tugas atau topik dengan dipelajari. Selama belajar di vila, kamu memiliki banyak waktu lega, jadi tidak perlu membatasi periode belajar.

Lalu, biasakan untuk tidak hanya mempelajari topik, namun juga mengikuti ujian. Situasi ini bisa dilakukan dengan semoga, berkat adanya akses internet. Kamu bisa mencari soal-soal yang berhubungan dengan topik tersebut, agar wawasannya lebih luas.

Bila kamu sedang bersiap untuk memasukkan UTBK 2020, maka Tryout Akbar Siapptn bisa jadi salah mulia alternatif. Program ini diadakan laman kelas online Siapptn, bekerja persis dengan President University.

Acara akan dilaksanakan pada  10-14 Juni 2020 secara online. Perkara yang akan diujikan adalah soal-soal Tes Potensi Skolatik, yang berisi dari penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, pemahaman bacaan & menulis, dan pengetahuan kuantitatif.

“Melalui Tryout Akbar ini,   para calon mahasiswa baru dapat bergerak bersama meringankan beban masyarakat Nusantara yang terdampak COVID-19. Sebagian makna akan didonasikan kepada masyarakat dengan terdampak, ” ujar CEO Siapptn, M Zulfikar Meylendra  melalui keterangan resmi, dikutip Selasa 26 Mei 2020.

Tak hanya itu, mereka juga akan memberikan beasiswa untuk masuk ke President University, sebesar Rp10 miliar buat 30 peserta dengan nilai  tryout   terbaik.

About the author