Tentara Khusus Rusia Punya Ilmu Kukuh Bom

VIVA   –  Spetsnaz atau Pasukan Khusus Rusia saat ini punya ilmu kebal dari peledak. Ilmu tersebut bukanlah ilmu kanuragan, melainkan kendaraan taktis atau rantis bernama VPK-Ural yang mampu meluncur, bahkan setelah menghantam ranjau tanah berdaya ledak hingga 6, 5 kilogram TNT, karena bagian lembah kendaraan dirancang khusus untuk menahan ledakan besar ranjau darat.

Mengutip situs Sputniknews , Senin, 4 Maret 2020, VPK-Ural juga dilengkapi kursi antitrauma – dinamakan demikian sebab jika kendaraan itu melintasi ladang ranjang, kursi tersebut mampu meredam sebagian besar dampak ledakan. Sebab itu, rantis ini diperuntukkan mengirim pasukan khusus Rusia ke garis depan di seluruh dunia.

Kepala Eksekutif VPK, Aleksandr Krasovitsky mengaku, rantis ini langsung dikirim untuk diuji coba dalam medan pelatihan. Kendati masih pada tahap uji coba, namun satu unit VPK-Ural telah dikirim ke pelanggan asing untuk digunakan di dalam pertempuran sungguhan. Meski begitu, dia enggan mengungkap identitas pembelinya itu.

Interior VPK-Ural. Sumber: Sputniknews .

“Kendaraan taktis ini pusat menjalani tes pendahuluan. Meski begitu, kami sudah menjual satu bagian di luar negeri. Atas suruhan pelanggan, kami membuatnya sedikit bertambah kecil atau untuk delapan orang awak, ” kata Krasovitsky.

Akan tetapi, dirinya tak mengesampingkan kemungkinan peningkatan pesanan bila rantis tersebut terbukti tangguh tidak hanya di medan pelatihan, namun juga dalam operasi sungguhan di luar negeri.

Lihat Juga

Kemudian, melansir situs RBTH , VPK-Ural pertama kali diluncurkan satu tahun lalu pada pameran senjata Army 2019 di Moskovskaya oblast, luar Kota Moskow, Rusia. Dengan bobot 14, 5 ton, kendaraan ini dilapisi pelindung dengan cukup tebal untuk menahan serbuan langsung senapan mesin dan senapan runduk berkaliber besar yang menyesatkan kuat di dunia.

VPK-Ural, Rantis Pasukan Khusus Rusia atau Spetsnaz. Sumber: RBTH .

Panjang kendaraan itu mencapai 6, 5 meter, sedangkanya lebarnya 2, 5 meter. VPK-Ural memiliki slot senapan pada kedua sisinya. Slot ini bisa dimanfaatkan penembak senapan mesin ringan serta senapan otomatis untuk melancarkan serbuan selagi kendaraan melaju atau makin mengubah kendaraan menjadi semacam penahan mini di medan perang.

Di dalam, kendaraan itu dapat menampung hingga 12 awak dengan peralatan tempur lengkap – sekitar 40-50 kg senjata, baju antipeluru, amunisi, dan peralatan lainnya di luar bobot tubuh jiwa prajurit itu sendiri.

Selain itu, “monster” seberat 14, 5 ton ini mampu berlari hingga kecepatan 100 km/jam dalam jalan raya dan menempuh jeda hingga 1. 000 km secara sekali pengisian bahan bakar sempurna. Cocok bagi Spetsnaz atau pasukan khusus Rusia yang beroperasi sangat rahasia namun harus cepat ke titik operasi.

About the author