jawaban-mengapa-planet-mars-berwarna-merah-1

Tanggapan Mengapa Planet Mars Berwarna Merah

VIVA   –  Mars dikenal sebagai Planet Abang yang begitu khas. Warna planetnya bahkan dapat dilihat dengan mata telanjang dibanding Bumi ketika muncul dalam langit malam seolah-olah itu adalah bintang merah. Lantas, apa penyebab Mars warnanya Merah? Hal itu sebab ada dua alasan istimewa, yakni permukaan dan suasana.

Permukaannya ditutupi partikel besi oksida, yaitu senyawa yang sama yang memberikan warna merah di karat. Mars memiliki sejenis banyak besi oksida pada permukaannya karena planet ini ukurannya lebih kecil dan memiliki gravitasi yang bertambah lemah daripada Bumi.

Ketika planet-planet terbentuk sekitar empat miliar tarikh silam, permukaannya akan terbuat dari ‘lautan neraka’ di mana komposisinya terdiri sebab batuan cair dan logam, termasuk besi oksida dengan terbentuk secara alami, menurut situs Newsweek , Selasa, 21 September 2021.

Ukuran Bumi yang lebih besar dan gravitasi yang lebih kuat membina batuan cair ini beruang di bawah tekanan yang lebih tinggi di masa-masa awalnya, sehingga menghasilkan guru yang lebih tinggi. Tersebut mengubah besi oksida menjadi cair dan menyebabkannya masuk ke inti planet.

About the author