Tahu 'Downgrade', Layanan Netflix Kini Balik Normal

Tahu ‘Downgrade’, Layanan Netflix Kini Balik Normal

VIVA   –  Pengguna Netflix mampu kembali bernapas lega. Platform servis video on demand itu telah membatalkan kualitas ke resolusi tinggi, setelah sebelumnya dilakukan penurunan pada Maret lalu.

Penurunan kualitas dari high definition ke standar itu dilakukan di sejumlah negara di Eropa. Menurut laporan FlatpanelsHD, dikutip laman BGR , Senin, 18 Mei 2020, streaming Netflix telah kembali ke kualitas HD normal di Benua Biru.

Baca juga:   Habis Bumi, Giliran Matahari ‘Lockdown’

Penurunan kualitas itu sebelumnya dilakukan, untuk mengurangi ketegangan pada ISP atau penyedia jasa internet, serta memastikan pengalaman menonton yang berpengaruh selama kegiatan masyarakat di vila saja.

“Harap dicatat, kami bekerja sama dengan ISP untuk membantu meningkatkan kapasitas. Di dalam sebulan terakhir, kami menambahkan 4 kali kapasitas normal. Ketika iklim membaik, kami akan mengangkat batasan-batasan ini, ” kata pihak Netflix.

Bukan hanya Netflix yang melakukan penurunan kualitas gambar, begitu juga Amazon dan YouTube. Untuk YouTube?, video diputar dalam kualitas standar, namun penonton mampu meningkatkannya ke HD secara manual.

Kesimpulan penurunan kualitas ini sebelumnya diminta Komisioner Uni Eropa, Thieery Breton. Saat itu, dia meminta para platform video menurunkan kualitas gambarnya, agar tidak menjadi kelebihan barang bawaan. Pertemuan itu dihadiri CEO Alphabet dan Google, Sundar Pichai serta CEO Youtube Susan Wojcicki.

“Kami akan terus beekrja dengan pemerintah negara anggota Asosiasi Eropa dan operator jaringan untuk meminimalkan tekanan pada sistem, tatkala juga memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna, ” kata pihak YouTube.

About the author