Siap-siap, Usai Maghrib Semua Mata Terpaku ke AS

Siap-siap, Usai Maghrib Semua Mata Terpaku ke AS

VIVA   –  Siap-siap, sudah salat Maghrib semua mata tertuju ke Amerika Serikat (AS). Pokok, Badan Penerbangan dan Antariksa ataupun NASA akan mengirim wahana antariksa tak berawak generasi terbaru, Perseverance, ke Planet Mars pada Kamis, 30 Juli 2020 pukul 07. 50 pagi EDT atau kira-kira 18. 50 WIB.

Peluncuran ini bersamaan dengan suangi Takbiran jelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Jumat, 31 Juli mendatang. Mengutip kedudukan Space , Rabu, 29 Juli 2020, Perseverance akan lepas landas di atas Berpandu United Launch Alliance Atlas V dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida, AS.

Wahana antariksa itu juga dilengkapi dengan helikopter seberat 1, 8 kilogram bernama Ingenuity. Setelah penjelajah mencapai tempat yang masuk di permukaan Mars, Ingenuity mau melakukan eksplorasi udara dan menjelma rotorcraft pertama yang terbang pada planet lain.

Mesin pengelana Perseverance akan mendarat di dalam Kawah Jezero, Planet Mars pada 18 Februari 2021. Kawah selebar 45 kilometer itu diyakini menampung sebuah kolam dan delta sungai miliaran tarikh silam.

Penjelajah mau mencirikan wilayah tersebut secara detail dan mencari tanda-tanda kehidupan Mars di masa lalu.

Di planet merah nanti Perseverance akan bergabung dengan Curiosity, tunggal penjelajah aktif di planet merah. NASA juga telah mematikan Opportunity setelah 15 tahun menjelajah. Manusia mesin lain yang telah mati adalah Spirit dan Sojourner.

Tim Mars 2020 masih memiliki kesempatan sekali teristimewa jika peluncuran 30 Juli mendatang gagal karena masalah teknis atau cuaca buruk. Awalnya, robot minus awak itu akan dikirim di 17 Juli lalu tetapi urung dan harus mendapat penjadwalan kembali hingga tiga kali. Penjadwalan selanjutnya dilakukan pada 15 Agustus kelak.

About the author