Peluru China Nyaris Hantam Bangunan Sekolah

Peluru China Nyaris Hantam Bangunan Sekolah

VIVA   –  China baru saja mengeluarkan satelit dengan menumpang Roket Long March 4B. Namun peluncuran tersebut hampir saja menghantam sebuah bangunan sekolah. Roket Long March 4B lepas landas dari Taiyuan Satellite Launch Center di China Melahirkan pukul 01. 57 waktu setempat atau 12. 57 WIB di Senin, 7 September kemarin.

Roket itu membawa Satelit Gaofen 11 untuk mengamati Dunia yang menghasilkan gambar beresolusi mulia. Sebuah rekaman beredar saat tahap pertama Long March 4B menetes ke Bumi. Roket ini meledak berbentuk awan asap berwarna oranye. Video diambil di dekat daerah Lilong, Kota Gaoyao di wilayah Luonan, Provinsi Shaanxi.

Baca: Dikira Asteroid, Ternyata Roket China Tubruk Bumi Datang Hancur

Mengutip laman Space , Selasa, 8 September 2020, tahap pertama roket itu menggunakan hidrazin beracun dan nitrogen tetroksida untuk propelan. Jika memiliki sentuhan dengan salah satunya dapat membawa dampak serius pada kesehatan tubuh.

Dalam rekaman tersebut juga terlihat diambil dari suatu halaman sekolah, terdengar adanya bahana anak-anak dan kepulan asap terlihat dari jauh. China memiliki tiga tempat peluncuran roket luar udara dalam daerah terpencil.

Dengan lokasi tersebut terbukti menyampaikan keamanan selama Perang Dingin. Peluncuran di wilayah Wenchang yang hanya menerbangkan untuk Roket Long March 5 dan Long March 7.

China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC) mengembangkan dan memproduksi Satelit Geofen 11. Shanghai Academy of Spaceflight Technology (SAST) salah utama kampus besar di bawah CASC, memproduksi roket Long March 4B dua tahap. Fasilitas untuk manufaktur roket utama perusahaan berada pada Beijing dan Shanghai.

About the author