Misteriusnya Lubang Cacing

Misteriusnya Lubang Cacing

VIVA   –  Film Star Trek terkenal dengan perjalanan dengan mampu menembus ruang dan masa melewati wormhole atau lubang cacing. Tapi ternyata di dunia nyata masih banyak misteri yang menyelimuti lubang cacing tersebut.

Secara teori, lubang cacing layaknya gerbang magis yang menghubungkan satu bintik ke titik lainnya. Singkat cerita, lubang cacing adalah melipat ruang dan waktu menjadi dua tempat sehingga bisa terhubung.

Baca: Lubang Cacing Bakal Jawab Misteri Lubang Hitam

Di dalam film fiksi ilmiah seperti Star Trek, konsep ini menggambarkan cara manusia untuk berpindah dari utama waktu bahkan ke galaksi lainnya. Adapula cerita yang menunjukkan angkasawan di pesawat ruang angkasa serta melakukan perjalanan dalam waktu kecil lewat lubang cacing.

Tapi di Bumi perubahan waktunya menjadi sangat panjang bisa ratusan hingga ribuan tahun berlalu. Menurut para ahli konsep lubang cacing terlalu kecil dan tidak tetap untuk seseorang melewatinya dan melaksanakan perjalanan.

Sejumlah fisikawan dari Universitas Princeton, Amerika Konsorsium (AS), seperti dikutip dari The Sun , Kamis, 10 September 2020, menggunakan mekanika kuantum untuk menemukan celah yang membuat lubang cacing tampak lebih besar untuk manusia dan pemindahan pengangkutnya bisa melewatinya.

Mereka menggunakan hitung-hitungan matematika agar teori lubang cacing menjadi lebih nyata bahkan masa membayangkan bentuknya.

“Dari luar (lubang cacing) menyerupai lubang hitam dengan muatan massa melarang. Ukuran besarnya hadir agar bani adam penjelajah bisa bertahan dari kekuatan pasang surut (di sana), ” katanya.

Tak cuma itu. Mereka menjelaskan jika bani adam membutuhkan waktu singkat untuk meninggalkan lubang cacing. Walaupun sangat lama jika dilihat dari luar. Menurut para ahli, para pelancong ruang angkasa itu memperoleh faktor pendorong besar untuk bisa melewati was-was lubang cacing.

“Kami belum memberikan mekanisme masuk budi untuk formasi ini. Kami hanya memiliki argumentasi jika lubang gila itu merupakan konfigurasi oleh persamaan, ” ujar para ahli fisika itu.

About the author