Memeriksa Langsung ke TKP, Menkop Ganjil Lihat Dapur Bersama GoFood

VIVA   –  Layanan Dapur Bersama GoFood merupakan inovasi baru dari Gojek, untuk mengakselerasi pertumbuhan skala usaha UMKM kuliner.

Dapur Bersama-sama adalah ruang kerja dengan kemudahan pendukung untuk restoran dan daya berskala kecil hingga menengah, mengikuti terintegrasi dengan sistem teknologi & layanan pengantaran dari Gojek.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan, konsep Bagian Bersama GoFood sejalan dengan program Rumah Produksi Bersama yang dikerjakan pemerintah.

”UMKM kalau perorangan kan tidak mungkin bisa punya tempat dengan bagus, yang mudah diakses, produksinya higienis, peralatannya modern, efisien, status produk bisa ditingkatkan, ” ujarnya di kawasan Bintaro, Jakarta Daksina, dikutip Jumat 10 Juli 2020.

Bukan saja menyimpan tempat dan peralatan yang modern, kata Teten, tetapi GoFood serupa memberikan pendampingan bagaimana menyediakan kualitas yang enak, sesuai dengan suruhan pelanggan.  

”Apalagi ke depannya, tuntutan pelanggan melanda kesehatan produk, bagaimana proses secara higienis, menjadi tuntutan. Rumah penerapan di Dapur Bersama tepat membalas tuntutan pasar, tuntutan konsumen, dengan menghendaki produk makanan minuman terutama yang lebih sehat, diproduksi secara higienis, ” tuturnya.  

Teten selalu mengaku lega, bahwa isu minus tentang Dapur Bersama ternyata lengah. ”Saya tadi juga cek, cocok ataue nggak sih isu semasa ini GoFood dengan Rebel Food-nya itu mau mengambil alih usaha UMKM mitra GoFood. Ternyata enggak benar, ” kata dia menambahkan.

Kemudahan lain yang diberikan oleh Dapur Bersama merupakan ketersediaan bahan baku melalui GoFresh, yaitu layanan marketplace bahan pokok yang menghubungkan mereka dengan UMKM penyedia bahan baku.

“Kapasitas usaha, kapasitas pembiayaan, pangkal dan lain-lain bisa naik status menjadi pengusaha kuliner yang modern, kalau ada kemitraan, ” jelasnya.

Sementara itu, Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo mengatakan bahwa mereka konsisten memberikan solusi dengan lengkap guna membantu pelaku UMKM beradaptasi di tatanan baru, dan terus bertumbuh dengan memperluas rekan melalui proses digitalisasi.

“Mulai dari teknologi yang memudahkan manajemen operasional bisnis, layanan logistik dan pembayaran, hingga inovasi seolah-olah pelatihan keterampilan dan fasilitas Dapur Bersama ini, ” jelasnya.

About the author