Malam Nanti Asteroid Jumbo Lewat, NASA Bilang Jaraknya Dekat

VIVA   –  Institusi antariksa Amerika Serikat, NASA membuktikan sebuah asteroid berukuran jumbo hendak melintasi bumi pada hari itu, Senin 14 September 2020 memukul 16: 50 BST atau 22: 50 WIB. Kecepatan batuan sungguh angkasa itu akan mencapai 38 ribu kilometer per jam.

Asteroid 2020 QL2 tersebut diperkirakan memiliki ukuran diameter sangat besar, antara 53 hingga 120 meter. Saat melintasi Bumi nanti, benda langit itu akan berjarak 4, 2 juta mil ataupun 6, 7 juta kilometer, serupa dikutip dari laman The Sun .

Dalam satuan luar angkasa, jarak itu tidak terlalu jauh. Oleh karena itu,   NASA masih menandainya jadi jarak yang dekat. Menurut itu, benda yang bergerak cepat datang dalam jarak sekitar 4, 65 juta mil masih dianggap berpotensi membahayakan. Namun, kemungkinannya rendah buat asteroid itu sampai menabrak Dunia.

NASA sebenarnya memiliki rencana, jika benar ada asteroid yang diperkirakan memangkung Bumi. Salah satunya menggunakan tenaga nuklir. Senjata  itu akan dipasang di atas permukaan Bumi, buat mengubah kecepatan asteroid tanpa membuatnya patah.

Menyuarakan juga:   Pandemi Bikin Suami Raisa Ketagihan

“Neutron berkecepatan tinggi dari ledakan akan menyinari bahan pada latar asteroid yang menghadap ke ledakan, ” ungkap NASA.

Menurut lembaga tersebut, trik yang digunakan adalah memajukan arah asteroid. Tapi, tanpa meledakkan benda tersebut. Sebab beberapa arah tetap akan menghantam Bumi.

“Pilihan terakhir ini, meskipun populer di film, namun akan membuat masalah lebih besar era semua bagian (asteroid) menuju ke Bumi, ” kata NASA.

About the author