Makelar Borong Sony PS5, Dijual Kembali Belasan Juta Rupiah

Makelar Borong Sony PS5, Dijual Kembali Belasan Juta Rupiah

VIVA   – Pandemi ternyata juga turut berimbas di langkanya  Sony PlayStation 5 ataupun PS5 di pasaran. Jika sebelumnya konsol game bisa didapatkan di pengecer, kini konsumen harus berlomba-lomba mendapatkannya secara online, karena adanya pemisahan jarak sosial.

Dilansir dari situs News Week , Jumat, 27 November 2020, pembelian secara daring tak mudah, terlebih jika lawannya merupakan bot,   yakni program komputer yang berkecukupan menghindari antrean situs dan bisa membeli secara cepat daripada bani adam.

Penggunaan bot sebenarnya tidak lagi cara baru. PS5  yang langka di pasaran telah diborong oleh calo, untuk dijual kembali dengan harga yang tinggi.

Kondisi ini memaksa gamer mendapatkan konsol yang diidam-idamkan dengan membeli ke tangan ke-2. Satu diantara pengecer yang menggunakan bot adalah CrepChiefNotify.

Itu berhasil memboyong 2. 474 bagian PS5, dan 1. 000 pada antaranya adalah hasil preorder pada September 2020. Grup ini memiliki 12 orang manajemen inti, dan puluhan ribu anggota.

CrepChiefNotify berusia lebih dari satu tahun. Untuk menggunakan layanannya, anggota mau ditagih pembayaran mulai dari US$40-530 atau Rp563 ribu hingga Rp7, 4 juta.

Anggota kemudian akan mendapat akses ke berbagai layanan, untuk digunakan berbelanja. Misalnya seperti PS5, yang kemudian dapat dijual kembali untuk mendapat keuntungan.

Awalnya mereka tidak berburu konsol. Produk yang biasa mereka incar adalah sneaker superior, seperti Yeezys. Tapi ketika pandemi, mereka berubah kebijakan dan mencari apa yang penuh dibutuhkan konsumen.

“Kami melihat perubahan besar tentang barang apa yang dibeli orang-orang. Fokusnya menyimpang, bahkan ke hal-hal konyol, seperti bak mandi air panas dalam luar ruangan. Kami perhatikan itu mulai habis di toko & dijual kembali di eBay untuk mendapat keuntungan, ” ujar direktur grup.

Saat ini banyak unit PS5  yang awalnya dijual US$499 atau Rp7 juta, menjadi US$1. 000 atau Rp14 juta. Biasanya barang-barang ini mau dijual kembali di pasar sekunder, seperti eBay.

Kaum pemilik toko online di Nusantara juga menawarkan PS5 dengan nilai fantastis, yakni hingga Rp18 juta. Untuk mendapatkannya, konsumen harus memesan terlebih dahulu beberapa hari sebelum unit dikirim.

About the author