Lima Trik Bikin Wi-Fi di Sendi Makin Ngebut

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Sendi Makin Ngebut

VIVA   –  Selama pandemi virus corona atau COVID-19, semua orang diimbau untuk lebih banyak berada di rumah. Hal itu berarti, penggunaan internet di sendi akan semakin boros. Dan semakin menjamur yang menggunakan, berpotensi membuat jaringan internet di rumah semakin lambat, yang berpotensi mengacaukan pekerjaanmu.

Nah, jika kamu tak ingin hal itu terjadi, berikut VIVA Tekno berikan beberapa tips dengan bisa meningkatkan kecepatan jaringan Wi-Fi di rumah, dilansir dari USA Today , Jumat 18 September 2020.

Pilih router terbaik
Router Wi-Fi biasanya dibuat dalam dua saluran berbeda, 2, 4 GHz & 5 GHz. Memasang yang utama di rumah, dapat meningkatkan jangkauan, kecepatan dan keandalan jaringan awak. Perangkat pada frekuensi 5 GHz meminimalkan interferensi di antara unit yang juga beroperasi pada saluran 2, 4 GHz di sendi, seperti microwave , monitor bayi dan telepon nirkabel.

Sementara  frekuensi 2, 4 GHz berharta menjangkau jarak yang lebih jauh dari frekuensi 5 GHz, set yang terhubung ke frekuensi 5 GHz beroperasi pada kecepatan yang lebih cepat. Saat menggabungkan perangkat kamu ke router (diperlukan sekali), kamu dapat memilih frekuensi yang diinginkan.

Periksa ISP
Meski memiliki router tercepat di dunia, itu tidak hendak berguna jika kamu tidak mendapatkan kecepatan tinggi dari penyedia servis internet (ISP) kamu. Dengan perkiraan yang memungkinkan, pastikan kamu mendapatkan kecepatan tercepat yang ditawarkan oleh ISP kamu, terutama jika kamu suka streaming video, bermain game online, dan memiliki banyak perangkat di jaringan bilamana bersamaan.

Baca juga:   Hati-hati, Internet Rumah Jadi Target Utama Penjahat Siber

Biasanya, semakin tinggi kamu membayar, semakin cepat kecepatan buat mengunduh dan mengunggah, dan semakin banyak data yang boleh kamu gunakan per bulan. ( Unlimited data, adalah cara terbaik jika ISP kamu menawarkannya). Jika sudah beberapa tarikh sejak kamu memperbarui  modem dengan kamu sewa atau beli lantaran ISP, konfirmasikan pada mereka bahwa itu yang terbaik yang mereka dapatkan.

Tempat
Langkah selanjutnya ialah memastikan router berada di tempat dengan optimal di rumah kamu. Simpan di lantai utama atau untuk dan dekat dengan bagian sedang rumah untuk jangkauan yang ideal. Jangan menyimpan router di kawasan basement, jika kamu memilikinya, karena akan sulit bagi perangkat lain di rumah untuk tersambung.

Selain itu, jangan membawa router di sudut rumah atau dalam lemari. Sebaliknya, simpan di tempat terbuka untuk jangkauan maksimal di dalam dan sekitar rumahmu. Pastikan router ditaruh di lantai, di atas meja atau rak sendi. Jangan lupa, update router nirkabel kamu dengan firmware terbaru yang dapat diunduh.

Upgrade ke Wi-Fi 6
Jika sudah waktunya untuk meningkatkan router, Wi-Fi 6 bisa jadi opsi. Jenis Wi-Fi yang juga dikenal sebagai 802. 11ax ini bisa mengirimkan sinyal nirkabel lebih efisien dibanding generasi sebelumnya, seperti Wi-Fi 5 dan Wi-Fi 4. Macam Wi-Fi ini diklaim dapat menghasilkan kecepatan unggah dan unduh dengan lebih cepat. Belum lagi, pertolongan ke lebih banyak perangkat dalam jaringan dan waktu yang serupa.

Buat pola mesh
Buat kamu yang mempunyai rumah yang lebih besar, barangkali akan mendapatkan kecepatan Wi-Fi yang buruk di kamar tertentu. Bentuk mesh dianggap ideal, karena router tersebut juga mendukung titik akses (atau basis atau hub) yang mampu kamu tempatkan di sekitar panti agar internet bisa menyebar bertambah cepat dan konsisten ke di setiap ruangan.

Dengan kata pendahuluan lain, semua hub ini hendak terhubung secara nirkabel dengan router serta seringkali satu sama lain buat menyelimuti ruang yang lebih mulia. Tidak seperti repeater atau extender , yaitu cara periode untuk memperluas Wi-Fi, kamu tak perlu mengubah nama jaringan, karena perangkat berkemampuan Wi-Fi kamu mau secara otomatis bergabung dengan tanda terdekat dan terkuat.

About the author