Kausa Ini Kualitas Developer Lokal Tidak Kalah dengan Luar Negeri

VIVA   –  Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Departemen Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan pengembang pelaksanaan atau platform digital perlu cakap kebutuhan apa yang diinginkan calon pengguna.

Menurutnya, umum Indonesia bisa membuat platform digital seperti developer luar negeri. Tetapi, kata dia, ada syarat dengan harus dipenuhi. Ia lalu mempertunjukkan internal Kominfo yang sudah menggunakan aplikasi yang dikembangkan para developer Indonesia.

“Karena mereka tahu dan paham apa yang dibutuhkan. Itu justru daya saingnya yang tinggi yang bisa digunakan para developer aplikasi lokal, ” kata Semuel, melalui sesi Webinar Kesiapan Ekosistem Digital, Selasa, 21 Juli 2020.

Ia melanjutkan, pengembang lokal punya kesempatan lebih baik dipadankan dari luar negeri. Sebab, mereka lebih tahu kebutuhan masyarakat Nusantara. Semuel mendorong pengembang lokal untuk bisa mengambil kesempatan itu agar bisa bersaing dengan developer sebab luar negeri.

“Kan, yang dibutuhkan kita yang cakap kita sendiri. Kalau dari asing (aplikasinya berbentuk) barang jadi, ” ungkapnya. Pada kesempatan yang persis, Staf Khusus Menkominfo Bidang Digital dan SDM, Dedy Permadi, menyuarakan sumber daya manusia masuk ke dalam ekosistem pertumbuhan transformasi digital.

Ia juga mengatakan Kominfo memiliki tiga level pendirian SDM. Yaitu, basic digital skill, intermediate digital skill, dan advance digital skill .

Dedy membaca program basic digital skill ialah literasi digital. Sedangkan, intermediate digital skill adalah kebutuhan akan SDM di level teknis, di mana Indonesia membuat 9 juta pembawaan digital dalam 15 tahun. Golongan paling atas adalah yang bersangkutan untuk C Level, baik daerah publik maupun swasta.

“Untuk pimpinan senior level serupa birokrat yang akan melakukan reorganisasi tata kelola percepatan transformasi digital di kementerian atau lembaga masing-masing dibekali kepemimpinan era digital. Berantakan, untuk C Level private sector untuk memfasilitasi CEO, COO, CTO, dan VP untuk punya daya digital yang mumpuni, ” kata Dedy.

About the author