Jelajah Tanah Suci Lewat Tur Virtual, Profesi Ini ‘Hidup’ Kembali

VIVA   –  Masih maraknya pandemi Virus Corona COVID-19 di berbagai negara membina banyak kegiatan penting ikut tertunda demi keselamatan bersama. Sama halnya dengan ibadah umrah dan haji, di mana Pemerintah Arab Saudi menetapkan batas maksimum jamaah sebanyak 1. 000 orang untuk haji tahun ini.

Dengan adanya pembatasan jamaah di pusat pandemi membuat kerinduan akan Baitullah harus ditunda hingga batas zaman yang belum ditentukan. Kendati serupa itu, melalui kemajuan teknologi informasi era ini bisa mengobati kerinduan umat Muslim melakukan ibadah ke Desa Suci secara virtual melalui pelaksanaan Labbaik Virtual Tour.

Menurut Pendiri Labbaik, Arif Pagi buta Saputra, aplikasinya menyediakan sebuah layanan perjalanan virtual ke kota Mekah dan Madinah melalui Zoom dan Google Earth. Di sini, pendaftar bisa merasakan pengalaman menarik & memiliki gambaran visual tentang ke-2 kota suci bagi umat Muslim tersebut.

“Pendaftar juga akan didampingi oleh tour guide , sehingga menghadirkan sensasi seperti berwisata namun tetap mematuhi anjuran physical distancing , ” ungkapnya, Kamis, 6 Agustus 2020.

Kegiatan ini juga dilaksanakan atas dasar tujuan membuka peluang bagi para tour guide buat kembali beraktivitas, karena profesi ini salah satu yang terdampak akibat pandemi COVID-19.

“Nantinya, itu ( tour guide ) akan memandu dengan memakai Zoom dan menjelaskan sejarah maupun penjelasan dari tempat-tempat yang dikunjungi secara virtual. Kami berharap Labbaik Virtual Tour bisa mengobati kerinduan menjadi tamu Allah sekaligus positif saudara-saudari kita pemandu wisata yang terdampak pandemi, ” tegas Cerdas.

Selain itu, Labbaik Virtual Tour selalu mengemas kegiatan ini menjadi acara edukatif untuk anak-anak, sehingga orangtua dapat mengajak serta memperkenalkan Desa Suci dengan mudah.

“Aplikasi kami akan resmi diluncurkan pada tanggal 8 dan 9 Agustus 2020. Tur ini mampu dinikmati pendaftar dengan durasi kurang lebih selama dua jam, serta tentunya dengan biaya pendaftaran sangat terjangkau, ” ungkap Arif.

About the author