ini-letak-astronomis-indonesia-serta-pengaruhnya-iklim-dan-waktu-2

Itu Letak Astronomis Indonesia Serta Pengaruhnya Iklim dan Masa

VIVA   –  Setiap negara memiliki situasi geografis dan astronomis masing-masing, termasuk letak astronomis Nusantara. Indonesia merupakan salah kepala negara kepulauan terbesar dengan terletak di antara Besar Hindia dan Samudra Pasifik.

Dilansir dari bps. go. id , Indonesia memiliki pulau sekitar 16. 056 dengan luas daerah yang mencapai 1. 916. 862 kilometer persegi. Jika dipandang secara geografis, negara Republik Indonesia berada pada batas khatulistiwa dan terletak dalam sepanjang lengan barat cincin api, sehingga Indonesia memiliki banyak lansekap gunung bernyala.

Pengertian Letak Astronomis

Photo:

  • Tangkapan Layar: YouTube

Garis Lintang dan Coreng Bujur

Situasi astronomis adalah sistem koordinat lintang dan bujur dengan dipakai di bumi. Strip lintang adalah garis mem atau garis khayal yang searah dengan garis khatulistiwa atau equator. Sedangkan coreng bujur adalah garis dengan vertikal yang membagi dunia ke dalam dua bagian dari kutub utara sampai kutub selatan.

Pulau Null adalah titik nol tempat berpotongnya kadar lintang dan garis bujur. Sedangkan perairan timur Samudra Atlantik  adalah tempat bertemunya garis lintang 0 babak dan garis bujur 0 derajat.

Letak Astronomis Indonesia

Photo:

  • Tangkapan Layar: YouTube

Kedudukan Astronomis Nusantara

About the author