Gojek Ajak Pengguna Tanam Pohon Melalui Fitur

VIVA   –  Gojek baru saja merilis fitur baru dalam aplikasinya bernama GoGreener Carbon Offset. Hasil kerja sama dengan startup Jejak. in, pengguna bisa menghitung berapa karbon yang dihasilkan dari kegiatan sehari-hari.

Co-CEO Gojek, Kevin Aluwi menyatakan inisiatif ini bagian dari misi perusahaannya buat peduli terhadap dampak sosial lewat teknologi. Lewat Gogreen Carbon Offset ini bisa memudahkan pengguna buat ikut partisipasi dalam upaya menjaga kelestarian alam.

Baca: Ada yang Beda sejak Aplikasi Ojek Online di PSBB Jakarta Kali Ini

“Dalam kejadian ini untuk menyerap jejak karbon yang dihasilkan oleh kegiatan sehari-hari melalui penanaman pohon, ” kata Kevin, Senin, 14 September 2020. Fitur ini berada dalam shuffle card aplikasi atau di bagian bawah menu layanan Gojek.

Pengguna tinggal mengkliknya serta akan ada penjelasan soal gagasan itu dan layanan apa saja yang disediakan. Klik menu Offset My Carbon dan pengguna akan diminta memasukkan rata-rata jarak dengan ditempuh menggunakan motor dan mobil. Nanti akan ada hasil berapa jejak karbon yang dihasilkan serta pohon untuk ditanam.

Pohon yang perlu untuk ditanam bisa dibayarkan menggunakan Gopay. Pihak Gojek juga menjanjikan dalam enam bulan akan menggandakan jumlah pokok kayu dari pengguna. Dalam fase perdana ini akan ditanam pohon jenis bakau atau mangrove di 3 wilayah.

Ketiganya yaitu Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta; Pelestarian Mangrove Pesisir Bedono, Demak, Jawa Tengah; dan Konservasi Laskar Taman Nasional Mangrove Park Bontang, Kalimantan Timur.

Inisiatif tersebut juga membuka transparansi pengerjaannya dengan pengguna bisa mengakses dahsbiard dalam fitur GoGreener Carbon Offset. Dengan begitu masyarakat bisa memantau memotret dan pertumbuhan serta data pohon seperti diameter dan tinggi pokok kayu.

“Komitmen awal Gojek untuk berkontribusi pada suatu isu lingkungan yang harusnya sudah jadi fokus semua orang. Kami bakal terus mengembangkan inovasinya agar mampu memberikan dampak yang lebih besar, ” jelas Kevin.

About the author