Disinfektan Ultraviolet Lindungi Gadget dari COVID-19

Disinfektan Ultraviolet Lindungi Gadget dari COVID-19

VIVA   –  Masyarakat Indonesia terus mencari jalan untuk tetap bisa bertahan di fase kehidupan baru selama pandemi COVID-19 atau new normal. Di dalam fase ini masyarakat dipaksa untuk peduli dengan kesehatannya. Mulai dibanding memakai masker, menjaga jarak ataupun physical distancing, hingga rajin membersihkan tangan untuk mencegah penularan Virus Corona.

Namun, sebutan physical distancing atau jaga jarak seperti tidak berlaku bagi bahan yang kerap dipakai setiap hari. Contohnya gadget seperti smartphone. Tidak bisa dipungkiri mayoritas masyarakat perkotaan menggunakan gadget setiap saat. Molek untuk berbisnis, bekerja atau biar belajar.

“Disadari ataupun tidak. Banyak dari kita dengan tidak peduli dengan kebersihan gadget maupun barang lainnya. Padahal barang-barang yang biasa dipakai setiap keadaan bisa jadi tempat berkumpulnya kuman atau virus. Jumlahnya pun mampu mencapai 10 kali lipat dibanding dudukan toilet, ” kata Public Relations PT Oase Teknologi Asia, Anthoni Roderick P kepada VIVA Tekno , Kamis 13 Agustus 2020.

Ia juga menjelaskan, tahu dari kondisi pandemi COVID-19 dengan belum hilang, Oase Teknologi Asia meluncurkan produk terbaru bernama Oase LSUV1. “Produk ini adalah sterilisasi multifungsi yang berguna untuk membersihkan barang yang biasa dipakai sehari hari dengan fitur UV (ultraviolet) sterilisasi 360 derajat dan aromaterapi, ” tuturnya.

Menurut sebuah penelitian resmi, laju sterilisasi Escherichia coli dan Staphylococcus aureus mencapai 99 persen dalam 5 menit. Satu sisi, teknologi disinfektan ultraviolet dengan cepat menghilangkan virus dan bakteri berbahaya yang menempel pada barang.

Sisi lain, teknologi ini memastikan ketenteraman penggunaan sehari-hari. Di samping tersebut pula disinfektan memiliki kit aromaterapi, yang juga dapat diteteskan pewangi atau aromaterapi untuk menjaga kesegaran gadget. Tapi, lanjut Anthoni, kudu diingat akan bahaya dari sinar ultraviolet.

“Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO juga menyebutkan paparan lampu UV ke kulit bisa membahayakan. Jadi memerlukan peralatan dan pelatihan istimewa untuk menggunakan UVC dalam mengebiri tangan, ” jelas dia.

Secara deskripsi, Oase LSUV1 berbentuk kotak persegi panjang secara ukuran 20 x 11 cm. Dengan ukuran itu sangat mudah dibawa dan fleksibel. Untuk menggunakannya pun sangat mudah. Terdapat dua tombol di bagian samping. Per fungsi mengaktifkan aromaterapi dan buat menyalakan sinar ultraviolet.

“Oase LSUV1 hanya butuh 5 menit untuk melakukan sterilisasi. Produk ini juga melindungi kita sebab paparan sinar UV secara tepat, karena produk ini berbentuk boks. Artinya, barang yang ingin disterilkan dimasukkan ke dalamnya, ” membuka Anthoni.

About the author