Daftar Tweet, Tagar dan Akun Twitter Terpopuler 2020

Daftar Tweet, Tagar dan Akun Twitter Terpopuler 2020

VIVA   –  Twitter sudah menjadi tempat untuk mencari keterangan, berbagi inspirasi, berkontribusi atau cuma sekedar berbagai canda dan tawa, namun pada 2020 platform media sosial tersebut juga menjadi tempat untuk tetap terhubung satu persis lain tengah pembatasan sosial pandemi COVID-19.

Selama 2020, tagar #COVID19 dan #dirumahaja terekam ramai dicuitkan warganet, demikian juga akun Fiersa Besari menjadi dengan paling banyak dibicarakan oleh warganet.

“Tahun 2020 menjadi tahun di mana kita memakai Twitter untuk melihat apa yang terjadi di dunia, sekaligus untuk menjalin komunikasi dengan sesama kala kita dikondisikan untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, ” kata Country Industry Head, Twitter Indonesia, Dwi Adriansah, dalam data tertulis, Selasa 8 Desember 2020.

“Tahun ini juga menekankan peran penting Twitter sebagai tempat di mana masyarakat Indonesia berkumpul dan silih terhubung dengan berbagai komunitas yang relevan bagi mereka: mulai dari  gaming , pencinta drama Korea, film, maupun olahraga, ” dia melanjutkan.

Tarikh ini dukungan kepada sesama selalu terasa di Twitter. Tweet yang mengekspresikan rasa syukur atau terima afeksi meningkat sebanyak 20 persen secara global, seperti misalnya ucapan terima kasih kepada tenaga kesehatan (meningkat 135 persen), guru (meningkat 30 persen), dan pekerja garda terdahulu COVID-19 lainnya.

“Di tengah ketidakpastian yang terjadi tahun ini, kami senang bahwa Twitter dapat menjadi sumber informasi yang tidak hanya memberikan berita terkini, tapi juga menjadi tempat bagi banyak orang untuk saling mengisbatkan dan berbagi inspirasi, ” sebutan Dwi.

Tweet terpopuler

Di tengah pandemi, Twitter menjadi tempat bagi banyak karakter untuk berbagi, komentar sosial secara kemasan yang lucu, seperti Kartika Emon dengan #DPOCorona.

Ada pula pesan dari seniwati K-Pop yang menyapa fansnya dalam bahasa Indonesia. Cuitan @siwonchoi , “pencet like serupa…, ” juga menjadi tweet dengan  engagement  tertinggi di Indonesia tahun tersebut.

Tweet populer lainnya yang banyak dibicarakan warganet Nusantara, dari tweet mengenai informasi terkini melanggar COVID-19, kisah horor namun menghibur, curhatan publik figur, sampai konten edukatif.

Misalnya, tali soal kuntilanak merah, cuitan daripada @FiersaBesari yang menurutnya tidak semua situasi harus direkam dan diunggah, serupa @ernestprakasa yang membagikan video singkat tentang pola penyebaran COVID-19.

Tagar terpopuler

Tidak mengherankan jika #COVID19 dan #dirumahaja masuk sebagai tagar yang banyak digunakan di Twitter tahun ini. Orang banyak berbagi tentang informasi kesehatan, mengajak buat berdiam di rumah dulu & membatasi mobilitas, sekaligus edukasi mengenai #COVID19.

Tagar #COVID19 (serta berbagai tagar terkait lainnya) sudah di-Tweet sebanyak 400 juta kali secara global. Sementara, #gagalkanomnibuslaw (beserta beberapa tagar terkait lainnya) menjadi tagar yang paling penuh dibicarakan di Twitter dan dikenal sebagai gerakan sosial untuk menghapuskan disahkannya Omnibus Law.

Sementara itu, tagar hiburan yang paling banyak dibicarakan di Nusantara, ada mulai dari drama korea hingga game. Tahun ini, dialog hiburan di Twitter didominasi oleh drama Korea seperti #itsokaytonotbeokay, #hospitalplaylist, #theworldofthemarried, dan #crashlandingonyou.

Dengan adanya pandemi, banyak orang yang kemudian mencari  indoor entertainment   untuk mengisi waktu selama di rumah, salah satunya adalah dengan  gaming .

Di Nusantara sendiri, percakapan tentang  gaming  pada Twitter meningkat sebesar 55 persen  year-on-year   (April 2019 vs  Mei 2020). Tagar #animalcrossing menjadi salah satu  game   yang banyak dibicarakan di Twitter tahun itu.

Akun terpopuler

Konsisten dibicarakan oleh warganet, Fiersa Besari ( @fiersabesari ), Andi Hiyat ( @andihiyat ) dan Raden Rauf ( @radenrauf ) balik masuk ke dalam jajaran 10 akun yang banyak dibicarakan tarikh ini.

Sepuluh akun yang #RameDiTwitter tahun ini selalu kedatangan beberapa pendatang baru: Jerome Polin ( @jeromepolin ), Nadhifa Tsana ( @ntsana_ ), dan Takdir Alisyahbana Ridwan ( @jek___ ).

Ke-3 akun tersebut memiliki daya tariknya tersendiri di mata warganet, @jeromepolin sering berbagi cerita tentang pengalaman serunya ketika menimba ilmu di Jepang.

Penulis muda dengan sudah menulis 10 buku, @ntsana_ , atau kerap kali dikenal sebagai Rintik Sendu, banyak berbagi konten-konten sendu yang menggugah hati. Sedangkan @jek___, yang kerap dipanggil Jek atau Stad Jek, memulai sepak terjangnya di Twitter dan sekarang sudah mencetak karya  best seller . (ant)

About the author