Besar Tahun Lagi, Foto Pakai iPhone Dijamin Hasilnya Bakal Lebih Kece

VIVA   – Jika beberapa tahun lalu kamera pada ponsel hanya menjadi pelengkap saja. Kini alat perekam momen itu menjadi kebutuhan para pemakai ponsel pintar. Tak asing, bila perusahaan teknologi dunia berlomba menciptakan produk yang didukung set kamera canggih.

Kejadian ini seperti dilakukan oleh perusahan teknologi asal Amerika Serikat, Apple yang terus mengembangkan pemakaian tustel pada produk ponsel canggihnya. Berputar kabar, bahwa produk ponsel iPhone bakal disematkan lensa periskop pada beberapa tahun mendatang.

Lensa yang digunakan untuk menyelenggarakan pembesaran gambar secara optikal tersebut sebelumnya sudah ada di kira-kira ponsel Android. Salah satunya tersedia di produk ponsel pintar Vivo X50 Pro, yang dilengkapi lensa periskop telefoto lima kali mengikuti algoritma zoom mencapai 60x hyper zoom.

Melansir dari Apple Insider , Minggu 26 Juli 2020, informasi terkait rencana penggunaan lensa periskop di produk iPhone, diungkapkan oleh analis Ming-Chi Kuo. Menurutnya, Apple segera memasukkan tustel periskop telephoto untuk iPhone yang akan dirilis pada tahun 2022.

Baca juga: Wejangan Ahli Foto Ketika Memotret Memakai Kamera Ponsel

Kabarnya, bakal ada dua pemasok dari Asia yang kemungkinan digandeng Apple untuk menyuplai lensa kamera pelik pada produk iPhone di zaman mendatang. Kedua suplier itu, yakni perusahaan asal Korea Semco serta Sunny Optical dari China.

Diperkirakan Semco akan memasok periskop berjenis lensa 6P dengan teknologi VCM, untuk mengoptimalkan fitur autofokus dan pemantapan gambar. Sebelumnya iPhone dan iPad memakai motor spring-type dan diganti dengan teknologi itu. Semco mulai memberi lensa periskop telefoto pada 2022.

Untuk Sunny Optical saat ini sedang menunggu tes evaluasi kualitas dari Apple yang tersedia pada kuartal keempat tarikh ini. Jika Sunny Optical bisa memenuhi spesifikasi yang diinginkan Apple, pengiriman lensa 5P dari perusahaan China pada awal 2021.

About the author