Besar Sosok Ini akan Pelukan Usai Salat Maghrib

Besar Sosok Ini akan Pelukan Usai Salat Maghrib

VIVA   –  Konjungsi Agung akan terjadi pada Senin, 21 Desember 2020. Konjungsi Agung saat ini melibatkan Planet Jupiter dan Zohal yang akan terkunci dalam dekapan, seperti dua sejoli yang sedang kasmaran. Fenomena ini bisa disaksikan sejak pukul 18. 30 WIB atau usai salat Maghrib.

“Keduanya akan tampak bersumber dan terlihat sebagai sebuah bola putih cemerlang di langit. Tontonan romantis ini dalam dunia astronomi disebut dengan Konjungsi Agung ( The Great Conjunction ), ” demikian keterangan resmi LAPAN, seperti dikutip dari akun Instagram @lapan_ri , Senin, 21 Desember 2020.

Baca: Ilmuwan Temukan Jejak Rumah Alien

Meski telah bisa dilihat sejak Senin malam, namun puncak fenomena akan terjadi pada Selasa, 22 Desember memukul 01. 18 WIB. Konjungsi Istimewa bisa diamati di barat gaya setelah Matahari terbenam.

LAPAN atau Lembagan Penerbangan dan Antariksa menjelaskan, Jupiter akan bersinar lebih terang dari semua benda yang ada di langit. Sementara Saturnus sedikit lebih redup, tetapi tetap memiliki cahaya emas yang khas.

Kedua satelit ini akan konsisten terhadap kecerahannya tidak seperti bintang yang berkelap-kelip. Konjungsi Agung antara Jupiter & Saturnus ini tergolong langka, sebab terjadi hanya 19, 6 tahun sekali.

“Konjungsi Agung terakhir ini berlaku pada tanggal 30 Mei 2000, lalu akan terjadi kembali tanggal 5 November 2040, 10 April 2060, dan 15 Maret 2080, ” jelas LAPAN. Jarak keduanya sebenarnya sangat jauh, lebih dari empat kali jarak antara Bumi dan Matahari.

Namun, jika dilihat dari Bumi, planet sejoli ini tampak seperti utama titik terang di langit. Saat Konjungsi Agung terjadi jaraknya hanya 0, 1 derajat atau 1/5 dari diameter Bulan purnama jika dilihat dari Bumi.

“Tahun ini kedekatan mereka menjadi istimewa karena jarak terdekat itu terjadi tahun 1623. Kedekatannya kesempatan ini akan membuat mereka seperti planet kembar, ” papar LAPAN.

About the author