benda-buatan-china-bakal-jatuh-dari-langit-jelang-lebaran-1

Benda Buatan China Bakal Jatuh dari Langit Jelang Lebaran

VIVA â€“ Baru-baru ini China meluncurkan modul pertama untuk stasiun luar angkasa ke orbit. Tapi, peluncur yang juga mencapai orbit itu akan secara perlahan dan tak terduga menuju kembali ke Bumi.

Varian roket terbesar China, Long March 5B berhasil meluncurkan modul Tianhe berbobot 22,5 metrik ton dari Wenchang. Tianhe terpisah dari tahap inti peluncur setelah 492 detik terbang, langsung memasuki orbit. 

Dirancang khusus untuk meluncurkan modul stasiun luar angkasa ke orbit rendah Bumi, Long March 5B menggunakan tahap inti dan penguat empat sisi untuk menempatkan muatannya langsung ke orbit rendah Bumi. 

Namun tahap inti tersebut tengah berada di orbit dan kemungkinan akan masuk kembali tanpa terkendali selama beberapa hari atau minggu ke depan, karena interaksi dengan atmosfer membuat benda itu terseret ke Bumi.

Jika benar, maka itu akan menjadi salah satu contoh terbesar dari peristiwa masuknya kembali pesawat ruang angkasa yang tidak terkendali dan berpotensi mendarat di area berpenghuni, dikutip dari situs Space News, Senin, 3 Mei 2021.

About the author