Bantu UMKM Tumbuh saat Pandemi, GoFood Diapresiasi Menkop

Bantu UMKM Tumbuh saat Pandemi, GoFood Diapresiasi Menkop

VIVA   –  Pandemi Covid-19 memaksa orang-orang untuk tinggal pada rumah, dan melakukan aktivitas hingga memesan makanan secara online. Terkait membuat adanya peningkatan omset for each bulan dari pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah  kuliner pada Indonesia.

Menurut   Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo, ada kenaikan pada pendapatan retailer GoFood sebanyak twenty persen  per bulannya, selama satu hingga dua bulan terakhir. Selain itu, juga ada kebiasaan lain pengguna GoFood saat memesan makanan.

“Bukan cuma  orang order melimpah makanan, order- nya lebih loved ones size . Kurang lebih 1-2 bulan terakhir,   per bulannya growth sekitar 20 persen  omset, ” kata Catherine, Senin  29 Juni 2020.

Baca juga:   China-India Memanas, Xiaomi Ganti Logo

Layanan baru GoFood,   yaitu Prepared to Cook dikatakan Catherine juga bertumbuh tiga kali selama satu bulan terakhir. Dia menyarankan, jika Covid-19 bisa menjadi keuntungan bagi UMKM bila dikerjakan dengan benar.

Peluang untuk UMKM bertahan lewat online ini, juga diakui Menteri Koperasi serta UKM, Teten Masduki. Menurutnya, banyak pelaku usaha kecil itu bertahan melalui platform online.

Baru thirteen persen yang terhubung

“Bisa dipahami kenapa penjualan online. Ada kegiatan social distancing , PSBB lalu Work From House, orang akhirnya belanja lewat online, ” ungkap Menteri Teten.

Sayangnya, baru sekitar 13 persen dari complete sekitar 60 juta UMKM di Indonesia terhubung dengan ekosistem on-line seperti GoFood. ”Sisanya yang 87 persen itu masih belum terhubung, jadi harus kita percepat cara digitalisasi. Saya selaku Menkop jadi melindungi pelaku usaha kuliner yang kecil-kecil ini. Saat ini, saya kira GoFood bisa membuat pelaku kuliner di Indonesia bisa aman dan nyaman, ” tuturnya.

Solusi Gojek

Catherine menjelaskan, perusahaannya  memiliki solusi lengkap untuk  mempercepat UMKM lainnya go-online. mulai dari system digital GoFood dan GoShop, sarana dapur bersama, layanan marketplace belanja petunjuk baku dengan harga terjangkau khusus bagi mitra UMKM melalui GoFresh, hingga opsi lengkap pembayaran nontunai GoPay dan Midtrans Payment Link.

Lalu, ada juga layanan logistik dan pengiriman cepat dengan GoSend Web Portal lalu oleh mitra driver Gojek, manajemen bisnis GoBiz, Spots, Selly, serta Moka. Mereka juga menyediakan pelatihan keterampilan berwirausaha dan networking   melalui wadah Komunitas Partner GoFood dan pelatihan berbisnis online Gojek Wirausaha.

Mulai dari skala kecil

Dengan banyaknya kesempatan itu, Chef lalu Praktisi Bisnis Kuliner, Arnold Poernomo mengatakan pelaku UMKM sudah dimudahkan dengan kehadiran para platform tersebut. Dia mengakui memulai bisnis sangat susah, tapi mulai dengan skala ingusan tetap bisa dilakukan.

Beberapa kesempatan yang hadir oleh platform online, Arnold mencontohkan dengan kehadiran harbolnas atau layanan ready to cook yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM tersebut. “Berbisnis mudah, sudah ada system tersedia. Tinggal terserah kita memakai platform -nya, ” kata Arnold.

About the author