Bakal yang Kelewat Gerhana Matahari Cincin, Bisa Lihat di Sini

Bakal yang Kelewat Gerhana Matahari Cincin, Bisa Lihat di Sini

VIVA   –  Gerhana Matahari Cincin Sebagian sore tadi berhasil diamati di kaum titik Indonesia. Salah satunya pada Balai Pengelola Observatorium Nasional Ketepeng, Nusa Tenggara Timur.

Lewat kanal Youtube Lapan Ketepeng, lembaga tersebut mengadakan live streaming pengamatan Gerhana Matahari yang dimulai pukul 16. 02 WITA atau sekitar 15. 02 WIB. Pantauan VIVA Tekno  Minggu 21 Juni 2020, bayangan bulan mulai terlihat sekitar pukul 15. 09 WIB.

Baca serupa:   Fenomena Alam yang Berlaku Hari Ini Cukup Langka

Provinsi Nusa Tenggara Timur sendiri cuma mengalami ketertutupan Gerhana hanya 10 persen  saja. Balai Pengelola Observatorium Nasional Kupang, Nusa Tenggara Timur mencatat GMS dimulai pukul 16. 02. 00 WITA, lalu periode puncak pada 16. 32. 40 WITA, dan selesai di pukul 17. 01. 25.

Akun Twitter resmi BMKG mengunggah foto-foto Gerhana Matahari, yang lulus diabadikan di sejumlah daerah Nusantara. Pertama foto yang diambil sebab tim Stasiun Geofisika Aceh Gede.

BMKG juga menyertakan penampakan Gerhana Matahari Cincin Beberapa dari langit Manado. Foto itu diabadikan oleh tim Stasiun Geofisika Manado.

Warganet Twitter juga memperbincangkan mengenai fenomena tersebut, sehingga membuat topik Gerhana oleh sebab itu satu diantara trending di platform tersebut. Sayangnya, beberapa di antara mereka tidak bisa melihat fenomena langka itu.

Di Indonesia, fenomena hari ini hanya bisa dinikmati sebagian saja. Satu-satunya wilayah yang bisa melihat Gerhana Matahari Cincin Sebagian mengalami ketertutupan maksimum dalam Indonesia adalah dari Pulau Miangas, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

DKI Jakarta jadi salah satu daerah yang serupa sekali tak bisa melihatnya. Selain itu, daerah lain  yang tidak bisa melihat GMS adalah Jawa Barat, Banten, Bengkulu bagian Selatan, dan Lampung bagian Selatan.

About the author