Alhamdulillah, Aturan Blokir Ponsel Ilegal pada Indonesia Resmi Berlaku

VIVA   –  Setelah sempat tertunda lima bulan kesimpulannya blokir ponsel ilegal ( black market /BM) dengan International Mobile Equipment Identity (IMEI) tidak terdaftar resmi berlaku Selasa keadaan ini, 15 September 2020 jam 22. 00 WIB.

Dalam pernyataan resmi bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan yang diterima VIVA Tekno , pemerintah telah memberlakukan pengendalian IMEI pada perangkat jenis handphone (HP), jinjing genggam, dan komputer tablet atau HKT.

Menyuarakan: Begini Cara Beli HP Bekas Tanpa Takut Kena Blokir

Situasi ini untuk melindungi para konsumen yang membeli perangkat sah bisa mendapatkan kepastian hukum kepada operator seluler saat menghubungkannya ke jaringan telekomunikasi.

Lebih lanjut menurut tiga kementerian itu menjelaskan jika sistem Central Equipment Identity Register (CEIR) dan Equipment Identity Register (EIR) sudah selesai dilakukan proses stabilisasi sistem pada pukul 17. 00 WIB.

Aturan tersebut menggunakan pusat pengolahan informasi IMEI yang dibangun oleh Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) yang disebut sebagai CEIR. Sistem tersebut mengintegrasikan pada EIR dari lima operator.

Dengan berjalannya aturan ini maka hp BM alias IMEI yang tak terdaftar tidak akan mendapatkan layanan jaringan seluler saat dimasukkan surat SIM atau Simcard dari operator seluler di Indonesia.

Masyarakat juga diingatkan untuk mengambil IMEI pada perangkat yang dibeli sudah terdaftar. Pengecekan itu dapat dilakukan melalui laman imei. kemenperin. go. id . Lakukan juga uji coba unit dengan memasukkan Simcard dan pastikan mendapatkan sinyal dari operator seluler.

Baca Serupa: Aturan IMEI untuk Ponsel Valid Maksimal Agustus 2020

Jika tidak maka menetapkan diwaspadai bahwa perangkat tersebut IMEI-nya tidak terdaftar. Aturan pemblokiran  IMEI  ilegal ini diteken oleh ketiga kementerian sejak 18 Oktober 2019.

Seharusnya pemblokiran dilakukan enam bulan setelahnya, atau 18 April 2020 namun akhirnya ditunda. Penundaan kembali berlaku setelahnya tapi akhirnya malam tersebut aturan tersebut resmi berlaku.

About the author