6 Cara Membuat CV Online Gratis, Mudah dan Hasilnya Keren!

VIVA   – Cara membuat CV online gratis merupakan salah satu dokumen penting yang dibutuhkan ketika Anda akan melamar beasiswa, internship (magang), atau pekerjaan. CV atau daftar riwayat hidup ini biasanya berisi nama, tempat tanggal  lahir, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, serta skill yang dikuasai oleh Anda.

Umumnya CV dilampirkan bersamaan dengan surat lamaran kerja. Hal ini bertujuan agar perusahaan mengetahui siapa pelamar dan nantinya CV tersebut akan dijadikan sebagai acuan untuk masuk tahap wawancara.

Ketika seseorang melamar pekerjaan, CV adalah komponen utama yang akan dilihat oleh HRD perusahaan. Bukan hanya isi dari CV yang akan dilihat oleh HRD, tapi keseluruhan CV termasuk tampilan dan penggunaan warna. Semakin menarik CV yang dibuat, maka akan semakin besar pula peluang untuk melaju ke tahap wawancara dari HRD perusahaan.

Langkah-langkah membuat CV yang baik dan benar

1 ) Personal statement

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat CV adalah mendeskripsikan diri secara singkat mengenai minat terbesar Anda dalam hidup, kemampuan, dan bidang atau industri yang ingin dilamar.

2. Jujur

Semua isi yang ada di dalam CV harus dicantumkan secara jujur berdasarkan pengalaman hidup. Seperti pengalaman, kemampuan, dan skill yang dikuasai harus sesuai dengan yang Anda miliki. Selain itu, yang terpenting adalah bagaimana cara Anda bisa mempresentasikan ketika masuk ke sesi wawancara dan menerapkannya ke dalam dunia kerja.

3. Informasi pendukung

Ketika akan melamar sebuah pekerjaan, Anda harus memperhatikan posisi yang akan dilamar sehingga Anda bisa memasukkan informasi mengenai kemampuan dan pencapaian yang sekiranya akan dibutuhkan untuk posisi tersebut. Misalnya, ingin melamar untuk posisi sales, Anda bisa memasukkan pengalaman menjadi staf marketing untuk sebuah organisasi di kampus serta memasukkan skill seperti negosiasai dan public speaking .

4. Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Bahasa merupakan komponen yang sangat penting dalam CV. Anda harus membuat CV yang mudah dipahami dan dimengerti oleh HRD. Hindari penggunaan istilah yang sulit dipahami atau menimbulkan ambiguitas. Membuat CV juga dianjurlan untuk menggunakan kata-kata yang profesional tetapi dituliskan menggunakan kalimat yang sederhana.

5. Hindari CV yang berlembar-lembar

Sebuah CV yang baik memiliki jumlah halaman maksimal 2. Hal ini akan membantu tim rekrutmen dari perusahaan yang dituju dalam memeriksa poin penting yang menjadi pertimbangan dalam CV Anda. Selain itu, tim rekrutmen memiliki waktu yang terbatas untuk membaca, sehingga buatlah CV yang menarik tapi tidak terlalu Panjang.

6. Sesuaikan CV dengan perusahaan

Banyak orang yang mengatakan bahwa membuat CV harus sekreatif mungkin dan banyak juga yang bilang bahwa membuat CV harus sederhana. Sebetulnya untuk membuat CV tidak ada aturan pasti, yang terpenting adalah Anda harus menyesuaikan konten dan desain CV dengan karakter perusahaan yang dituju. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan riset perusahaan terlebih dahulu sebelum membuat CV.

About the author