2 Astronot Crew Dragon akan Permisi dari Luar Angkasa

2 Astronot Crew Dragon akan Permisi dari Luar Angkasa

VIVA   –  SpaceX sedang mempersiapkan memulangkan dua astronot NASA, Bob Behnken dan Doug Hurley ke Bumi dari Internasional Space Station (ISS). Rencananya, itu akan pulang pada 7. 34 malam EDT atau sekitar  6. 34 WIB besok pagi.

Mengutip laman Tech Crunch , Minggu, 2 Agustus 2020, penerbangan keduanya akan memakan waktu berjam-jam sebelum mendarat di Samudera Atlantik sekitar jam 2. 42 besok sore atau 1: 42 pagi WIB pada 4 Agustus 2020 mendatang.

NASA akan menyiarkan dengan langsung kepulangan Behnken dan Hurley di kanal YouTube resminya. Urusan dimulai saat mereka mengucapkan selamat tinggal secara resmi ke rekan-rekan di ISS, sebelum masuk ke dalam pesawat luar angkasa.

Behnken serta Hurley akan kembali ke Bumi menggunakan Crew Dragon. Pesawat milik SpaceX ini  telah diparkir di ISS sejak tiba beberapa bulan lalu. Kepulangan mereka bukanlah tanpa masalah, termasuk soal Badai Isaias.

Baca serupa:   Kena PPN, Ini Tarif Baru Langganan Netflix

Kondisi ini bisa merepotkan kru di Bumi menjemput keduanya saat sudah mendarat nanti. Soal cuaca, Administrator NASA, Jim Bridenstine juga telah meramalkannya. Dalam cuitannya, dia mengatakan kepulangan dua astronot  itu bisa bermasalah karena sandungan cuaca.

Namun kemungkinan juga akan berjalan lancar, sebab bulan ini angin berembus cenderung lebih tenang. Cuaca juga menjadi masalah saat keduanya pergi dari Bumi.

Percobaan pertama dilakukan pada 27 Mei, dan mengalami gagal terbang karena tempat peluncuran mengalami cuaca buruk.   Behnken dan Hurley baru bisa lepas landas tiga hari kemudian.

Keduanya tiba di ISS pada mula Juni lalu, dan telah mengakhiri sejumlah pekerjaan penelitian serta pelestarian selama di sana. Bahkan, Behnken sudah melakukan spacewalk selama di asing angkasa.

About the author